Home » Berita Babel » Pakar Ekonomi Syariah MUI, Bekali 40 Koperasi “Hijrah” Ke Syariah

Pakar Ekonomi Syariah MUI, Bekali 40 Koperasi “Hijrah” Ke Syariah

Pakar Ekonomi Syariah MUI, Bekali 40 Koperasi "Hijrah" Ke Syariah

Pangkalpinang. Pakar Ekonomi Syariah MUI Pusat, Dr Ardito Bhinadi, M.Si, bekali sekitar 40 Koperasi di Bangka Belitung tentang Koperasi Syariah.

Acara ini terlaksana berkat kerjasama antara pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel, bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor PT. PLN Wilayah Babel, Pangkalpinang, Sabtu (20/04).

Koperasi berbasis syariah di Babel kata Bendahara MUI babel, Nardi Pratomo sudah ada sejak lama, namun belum memenuhi syarat. Sehingga dengan diadakannya sosialisasi koperasi syariah ini diharapkan bisa menjadi cikal bakal koperasi syariah di Babel.

Ketua Umum MUI Babel Dr Zayadi menambahkan, dengan adanya sosialisasi ini, koperasi diminta untuk mempersiapkan diri, baik dari sisi management, keanggotaan maupun sistem yang dijalankan dengan prinsip syariah.

Dalam sosialisasi ini juga, masih banyak dijumpai pelaku koperasi yang mengaku hanya sekedar tahu mengenai tata cara untuk hijrah dari koperasi konvensional ke syariah, tetapi belum mengetahui secara detail mengenai pendirian koperasi syariah.

“Selama ini secara legalitas dan administrasi belum ada koperasi syariah, makanya dengan sosialiasi ini bertujuan untuk menjalankan dan memberikan wawasan kepada koperasi koperasi yang berada di Bangka Belitung,” imbuhnya.

Kedepan, MUI akan membuat dan membina koperasi syariah yang diperuntukkan untuk umat Islam.

Acara ini turut dihadiri oleh Kasi. Kelembagaan dan Perizinan Dinas Koperasi dan UMKM, Yurisman,S.IP., M.Si., Ketua Umum MUI Babel, Dr. Zayadi Hamzah, Sekretaris Umum MUI Prov. Babel, Drs. Ahmad Luthfi, Bendahara MUI Babel, Nardi Pratomo, dan Pimpinan Bank Muamalat cabang Pangkalpinang, Heru.



Facebook Comments